MENYAKSIKAN SURFING TERBAIK DI FESTIVAL PESONA MENTAWAI

Menyaksikan Surfing Terbaik Di Festival Pesona Mentawai  

Menyaksikan Surfing Terbaik Di Festival Pesona Mentawai   MENYAKSIKAN SURFING TERBAIK DI FESTIVAL PESONA MENTAWAI

wisatakitaWisata –Festival Pesona Mentawai yang pertama kali diselenggarakan ini akan diadakan pada tanggal 19-24 April 2016 di Pantai Mapadegat, Kepulauan Sipora Utara, Sumatera Barat, Indonesia. Festival ini diselenggarakan untuk mempromosikan destinasi wisata surfing kelas dunia. Festival yang didukung langsung oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dapat dijadikan sebagai sarana promosi Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia demi tercapainya target 12 juta wisatawan mancanegara dan 260 juta pergerakan wisatawan domestik tahun ini.
Menyaksikan Surfing Terbaik Di Festival Pesona Mentawai   MENYAKSIKAN SURFING TERBAIK DI FESTIVAL PESONA MENTAWAI
Festival Pesona Mentawai ini akan menampilkan atraksi seni budaya khas masyarakat mentawai serta kompetisi surfing tingkat internasional dengan peselancar kelas dunia. 
Seperti diketahui bahwa Mentawai terkenal sebagai salah satu tempat surfing terbaik di dunia. Tidak kurang dari 70 spot surfing ada di kepulauan ini diantaranya Katiet Spot Lance’s Right tempat lokasi kompetisi surfing Festival Pesona Mentawai. Titik ini merupakan tempat selancar paling favorit bagi para surfer profesional dunia yang datang setiap tahunnya ke Mentawai.
Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat merupakan salah satu kawasan wisata andalan Indonesia. Pantai Sipora memang sangat identik dengan Pulau Surfing karena mempunyai beberapa titik spot surfing kelas dunia diantaranya Hollow Tress dan Lance’s Left yang berada dibagian ujung selatan dari pulau ini. serta Telecopes, Iceland dan Scarcrows yang berada dibagian barat.
Menyaksikan Surfing Terbaik Di Festival Pesona Mentawai   MENYAKSIKAN SURFING TERBAIK DI FESTIVAL PESONA MENTAWAI
Hollow Trees yang biasa disebut HT atau Lance’s Right mempunyai ombak berbentuk silinder (dikenal dengan sebutan Right Tube) yang selama 10 tahun terakhir sering muncul di majalah-majalah dan video-video berselancar dunia. 

Saat ombak jenis ini datang tidak terlalu besar. Tetapi akan ada 3 take off yang akan menantang para peselancar untuk melakukan manuver surfing. Saat ombak yang lebih besar datang, bagian atas ombak yang pecah (peak) akan terhubung dengan barrel secara terus menerus yang akan membuat para peselancar dengan ketrampilan diatas rata-rata akan terkagum-kagum. Gelombang ini tidak dianjurkan untuk para peselancar pemula, karena tantangan ombak yang datang hadir untuk mereka dengan ketrampilan mumpuni dan ahli.

Menyaksikan Surfing Terbaik Di Festival Pesona Mentawai   MENYAKSIKAN SURFING TERBAIK DI FESTIVAL PESONA MENTAWAI

Selain kompetisi surfing internasional, Kegiatan Festival Pesona Mentawai akan diramaikan juga dengan festival seni budaya masyarakat Mentawai. Diantaranya proses pengusiran roh jahat dan berbagai ritual sabulungan. Sebuah warisan budaya yang mempercayai adanya tiga roh penjaga alam yaitu, Taikabagat Koat (roh yang berada di laut), Taikaleleu (roh yang berada di perbukitan, lembah dan hutan) serta Taikamanua (roh yang berada di langit). Tidak hanya itu rangkaian acara juga akan di isi oleh musisi Katon Bagaskara dan di dukung oleh beragam kesenian tradisional.
Di festival ini penyelenggara juga menyediakan beberapa event bahari bagi para pengunjung diantaranya jelajah panorama pesona hutan mangrove (mangrove tour) Proses pelepasan anak penyu (tukik) serta penanaman terumbu karang. 
Kemeriaahan Festival Pesona Mentawai 2016 ini juga akan di dukung dengan kejuaraan memanah tradisional, tarian dan nyanyian serta lomba kawasan dusun dan rumah bersih.
Menurut Ruseno Arya, Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal, “Tujuan Festival Pesona Mentawai 2016 merupakan terciptanya pertumbuhan pasar industri pariwisata di wilayah pantai barat Provinsi Sumatera Barat dan tercapainya pertumbuhan peningkatan angka kunjungan wisatawan nasional maupun mancanegara, Selain itu akan terwujud kemampuan profesionalitas masyarakat sebagai pelayan wisatawan  serta meningkatnya jasa kepariwisataan yang dapat meningkatan pendapatan daerah”.
Menyaksikan Surfing Terbaik Di Festival Pesona Mentawai   MENYAKSIKAN SURFING TERBAIK DI FESTIVAL PESONA MENTAWAI
Sementara Bupati Kepulauan Mentawai mengatakan, “Festival Pesona Mentawai 2016 menjadi langkah awal untuk percepatan pembangunan kepariwisataan di Kepulauan Mentawai sehingga  harus mendapat dukungan dari para pelaku pariwisata. “Kita mengharapkan para mitra pelaku wisata yang bergerak pada berbagai sektor segera berbenah meningkatkan kualitas pelayanannya dalam pelaksanaan Festival Pesona Mentawai, terutama  terhadap aspek kebersihan, keramahtamahan, maupun standar pelayanan yang harus sesuai dengan kebutuhan wisatawan,” 
Dengan diselenggarakannya Event Festival Pesona Mentawai 2016 diharapkan dapat mendongkrak pariwisata Kepulauan Mentawai yang tahun ini menargetkan kunjungan sebanyak 10.000 wisatawan mancanegara dan 4.000 wisatawan domestik atau naik sekitar 30% dari kunjungan wisatawan tahun lalu yang sebagian besar wisatawan merupakan para surfer dari berbagai belahan dunia.
Menyaksikan Surfing Terbaik Di Festival Pesona Mentawai   MENYAKSIKAN SURFING TERBAIK DI FESTIVAL PESONA MENTAWAI
Selain sebagai tempat tujuan peselancar kelas dunia, Pantai Sipora juga menawarkan kondisi alam yang sangat indah dengan kondisi alam yang masih terjaga dan alami. Snorkeling, diving atau bersantai di pinggir pantai sambil memandangi pemandangan alam yang indah dan desiran angin laut menjadikan Pantai Sipora sangat layak untuk Anda kunjungi.
Akses untuk pergi ke Kepulauan Mentawai masih mengandalkan kapal motor yang hanya sanggup beroperasi dua kali dalam seminggu, yaitu Minggu malam (Kapal Sumber Rezeki Baru) dan Kamis malam (Kapal Simasin). Perjalanan sekira satu hari, berarti kapal kembali ke Padang pada Selasa dan Jumat malam. Harga tikenya Rp105.000,- sampai Rp125.000,-. Tersedia kapal tambahan yang beroperasi pada Minggu pertama dan kedua setiap bulan. Kapal Ambu-Ambu berangkat pada Sabtu malam dari Muara Padang dan kembali dari Siberut ke Padang pada Minggu malam.

Apabila Anda memutuskan untuk berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau maka dapat menyewa pesawat kecil seperti Tiger Air atau SMAC ke Tuapejat di Pulau Sipora 

sumber: kemenpar