MENJELAJAHI KEINDAHAN KAWAH WAWOMUDHA DI NTT

Menjelajahi Keindahan Kawah Wawomudha Di NTT  

wisatakita Wisata | Kabupaten Ngada di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur selain mempunyai warisan budaya peninggalan Megalitik juga mempunyai alam yang indah dan mempesona. Salah satunya merupakan keberadaan tempat wisata Kawah Wawomudha yang mempunyai tiga kawah dengan air kawah yang berbeda warna bekas letusan Gunung Wawomudha.

Menjelajahi Keindahan Kawah Wawomudha Di NTT  MENJELAJAHI KEINDAHAN KAWAH WAWOMUDHA DI NTT

Kawah Wawomudha merupakan tempat wisata alam yang terbentuk sejak 11 tahun yang lalu akibat letusan Gunung Wawomudha yang meludeskan seluruh lereng serta perkebunan warga. Kawah yang terletak di Kelurahan Susu, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, Provinsi NTT ini memunculkan satu potensi baru akan tempat wisata di Kabupaten Ngada.



Untuk pergi ke kawah ini, Anda tidak harus berlelah-lelah untuk mendaki dan menjelajahi hutan pegunungan sebab akses pergi ke Kawah Wawomudha terbilang cukup mudah. Dengan berkendara sepanjang 6 kilometer selama sekitar 15 menit Anda sudah dapat sampai ke tempat wisata ini dari pusat kota Bajawa. 

Panorama indah selama perjalanan pergi ke kawah dengan pohon pinus dan cemara disepanjang jalan menjadi daya tarik lain bagi kawasan wisata Kawah Wawomudha ini. Bau belerang khas kawah tidak terasa menyengat hidung Anda karena telah dinetralisir oleh bau khas pohon pinus yang segar yang mendominasi udara sekitar kawah.

Indah dan menakjubkan berada di Tempat Wisata Kawah Wawomudha ini. Letusan Gunung Wawomudha meninggalkan tiga kawah kecil yang istimewanya disetiap lubang kawah mempunyai warna air yang berbeda-beda yang sepintas mirip dengan Kawah Danau Kelimutu. Sehingga banyak wisatawan yang datang ketempat ini sering menyebutnya dengan Danau Mini Kelimutu karena kemiripannya.

Menjelajahi Keindahan Kawah Wawomudha Di NTT  MENJELAJAHI KEINDAHAN KAWAH WAWOMUDHA DI NTT

Untuk menikmati pemandangan indah yang lebih sempurna di kawasan Kawah Wawomudha, Sebaiknya Anda tidak datang pada pagi hari saat musim hujan karena semua area wisata ini akan tertutup oleh kabut tebal, Jadi sebaiknya Anda datang pada saat musim kemarau tiba dimana cuaca pagi akan terlihat cerah sehingga pemandangan kawah akan terlihat sangat indah dan menakjubkan.

Karena lokasinya sangat berdekatan dengan pusat kota Bajawa, Disekitar lokasi tempat wisata ini tidak ada tempat penginapan untuk Anda bermalam atau restoran. namun Anda dapat menyewa tempat menginap seperti hotel atau villa di kota Bajawa dan Menjelajahi Keindahan Kawah Wawonudha sepuas-puasnya.

sumber:tourismnttprov.go.id