MENIKMATI PESONA ALAM TAMAN NASIONAL KOMODO

Menikmati Pesona Alam Taman Nasional Komodo  

Menikmati Pesona Alam Taman Nasional Komodo  MENIKMATI PESONA ALAM TAMAN NASIONAL KOMODO

wisatakitaWisata – Taman Nasional Komodo merupakan sebuah kawasan yang terdiri dari beberapa pulau dengan keindahan alam yang sangat mempesona serta habitat asli hewan purba Komodo. Pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara merupakan kawasan Taman Nasional Komodo. Taman Nasional seluas 173.300 kilometer persegi ini merupakan tempat habitat asli Hewan Komodo serta 227 spesies hewan yang merupakan perpaduan asal Asia dan Australia yang terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 dpesies reptilia.
Di pulau ini, Hewan Purba Komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga bulan Agustus 2010 terdapat lebih dari 1300 hewan komodo di pulau ini. Serta beberapa pulau lain disekitarnya seperti Pulau Rinca dan Pulau Padar.  Secara keseluruhan hewan ini berjumlah sekitar 2500 ekor. 
Selain sebagai tempat habitat asli hewan komodo, Pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam seperti Kayu Sepang yang oleh warga setempat dijadikan bahan pengobatan tradisional dan bahan pewarna pakaian. 
Menikmati Pesona Alam Taman Nasional Komodo  MENIKMATI PESONA ALAM TAMAN NASIONAL KOMODO
Bukan hanya keindahan alam daratannya saja yang sangat mempesona, Keindahan bawah laut Taman Nasional Komodo juga sangat menakjubkan. Di tempat ini  juga banyak terdapat terumbu karang yang sangat mempesona. Setidaknya terdapat 70 jenis bunga karang (sponge),  253 spesies karang pembentuk terumbu yang ditemukan dikawasan Taman Laut Pulau Komodo dengan sekitar 1.000 spesies ikan warna-warni menghiasinya. 
Selain itu dapat dijumpai juga berbagai jenis spesies gorgonians, sea fan, sea pens, anemon dengan clown fish, Bintang Laut, christmas tree worms, kima (Tridacna sp), lobster, nudibranchs, dll. Berbagai ikan karang hidup di sini, di antaranya Chaetodon spp, Amychiprion spp, 8 jenis kereapu dan Napoleon (Chelinus undulatus). Selain itu perairan Taman Nasional Komodo merupakan jalur Migrasi 5 jenis Paus, 10 jenis Lumba-lumba dan Duyung (Dugong Dugon).

Menikmati Pesona Alam Taman Nasional Komodo  MENIKMATI PESONA ALAM TAMAN NASIONAL KOMODO

Nikmatilah keindahan Terumbu Karang di Taman Nasional Komodo bersama para wisatawan lainnya untuk berenang atau menyelam di perairanan ini.
Pulau yang diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991 ini merupakan salah satu wisata andalan Indonesia yang banyak di datangi wisatawan domestik serta wisatawan mancanegara setiap tahunnya.
Sementara itu Pulau Komodo juga dinobatkan salah satu dari “New Seven Wonders of Nature” pada tahun 2011 bersama-sama dengan Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa dan Table Mountain.
Menikmati Pesona Alam Taman Nasional Komodo  MENIKMATI PESONA ALAM TAMAN NASIONAL KOMODO
Kawasan Taman Nasional Komodo menawarkan Anda beberapa keindahan alam dan keanekaragaman hayati lainnya  seperti:

Potensi Flora
Taman Nasional Komodo yang terletak dalam zone transisi antara flora dan fauna asia dan australia serta ekosistim perairannya yang banyak dipengaruhi oleh dampak el-nino dan La Nina yang mengakibatkan memanasnya lapisan air laut disekitarnya sering terjadi arus yang kuat mengakibatkan beberapa tipe vegetasi  seperti Padang Rumput dan Hutan Savana, Hutan Tropis dibawah 500 mdpl serta Hutan Tropis diatas 500 mdpl.  

Potensi Fauna

Menikmati Pesona Alam Taman Nasional Komodo  MENIKMATI PESONA ALAM TAMAN NASIONAL KOMODO

Komodo (Varanus Komodoensis) merupakan satu-satunya hewan langka yang hanya hidup di Pulau Komodo dan beberapa pulau lain disekitarnya seperti Pulau Rinca, Pulau Gili Motang dan Nusa Kode yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo.

Selain itu di kawasan ini juga terdapat hewan lainnya seperti  rusa (Cervus timorensis), anjing hutan (Cuon alpinus), babi hutan (Sus scrofa), Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), kuda liar (Equus caballus) dan kerbau liar (Bubalus bubalis), musang (Paradoxurus hermaphroditus), tikus besar Rinca (Ratus ritjanus), dan kalong buah (Cynopterus brachyotis dan Pteropsis sp.)
 
Tercatat terdapat 111 jenis burung, antara lain ; burung gosong (Megapodius reinwardt), kakatua jambul kuning (Cacatua sulphurea), perkutut (Geopelia streptriata), tekukur (Streptopelia chinensis), pergam hijau (Ducula aenea), Philemon buceroides, burung raja udang (Halcyon chloris), dan burung kacamata laut (Zosterops chloris).
Terdapat 34 jenis Reptil. Disamping reptil Komodo, jenis reptil lainnya, antara lain; ular kobra (Naja naja), ular russel (Viperia russeli), ular pohon hijau (Trimeresurus albolabris), ular sanca (Python sp.), ular laut (Laticauda colubrina), kadal (Scinidae, Dibamidae, dan Varanidae), tokek (Gekko sp.), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), dan penyu hijau (Chelonia mydas).
Menikmati Pesona Alam Taman Nasional Komodo  MENIKMATI PESONA ALAM TAMAN NASIONAL KOMODO
Selain keberadaan Reptil Raksasa Purba yang terdapat pada kawasan Taman Nasional Komodo dikawasan ini Anda juga dapat menikmati keasrian dan kekhasan alamnya khususnya Panorama Savanah dan Panorama Bawah Lautnya. Selain itu Anda juga dapat menikmati kegiatan wisata lainnya dikawasan ini seperti memancing, snorkeling, diving, kano, berenang, bersampan, pengamatan satwa, camping, hiking atau berkemah. 
Mengunjungi Taman Nasional Komodo Dan menikmati pemandangan alam yang sangat menawan dan menakjubkan merupakan pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupakan selama hidup Anda.